Oktober Kelam

Saya merindukan seorang lelaki

Namanya diawali oleh huruf paling awal alfabet

Lalu saya teringat pada pasir waktu yang meluncur melalui terowongan sempit di ambang pintu

Ketika sembilan ratus hari telah berlalu namun saya masih terkunci untuk merindu dan membisu

Kemanakah engkau sosok yang terenggut pilu dari hatiku?

Sang waktu telah enggan menjadi tempat diri ini bersandar dalam melawan arus rindu yang menggebu

Tidak pula saya rengkuh keikhlasan dalam perpisahan yang meregang

Saya menempuh kilometer untuk menyambangi sosokmu yang layu

Sembilan ratus hari yang lalu

Saya menjanjikan masa depan berbumbu romansa dan kerlip bintang

Pada sosokmu yang layu membiru

Sembilan ratus hari yang lalu

Apa maksud Oktober menyambangi diri?

Ia mengetuk tanpa permisi; pada saya.

Pada saya yang menyeka bulir air garam di pipi karena pupusnya kerlip bintang dalam genggam.

Oktober itu tak tahu diri

Ia memutar rangkaian memori dirimu yang layu membiru

Sembilan ratus hari yang lalu

Haruskah saya menghitung sampai seribu?

Agar saya mendapat nyali untuk menyambangi engkau yang telah menyatu dengan kayu?

September kelabu menghembuskan deru pilu antara saya dan engkau yang layu

Kini Oktober kelam bermaksud menjejalkan saya akan rasa geram karena kesendirian bagai jelaga meredam.

Ini hanyalah sajak awamatra. Baitnya mati. Rimanya tercekik.

Manifestasi perkawinan pikiran dan emosi ini bukanlah fiksi

Percayakah engkau jika memori mampu menyapu bersih dan memaki tuli?

Itu adalah saat saya teringat engkau.

Merindukan engkau

Menyaksikan sosokmu yang kokoh mengawang di padang gersang melayang.

Tidakkah saya bilang sajak ini memiliki rima tercekik membisik?

Saya rasa itu hanyalah rongga dada yang terhimpit.

Leave a Reply

