[FASHION]: PAKAIAN TEMPUR MUSLIMAH SAAT KELUAR RUMAH (TIPS DAN INFO)

m12
source: deloiz.blogspot.com

Assalamu’alaykum,

Well, I have been wanting to write something women-like. But you cannot really write something down without knowing. This time is about muslimah fashion.

I love intro, you’ll always find my writing with some intro. There was always some story behind any action put forth.

I thought before that I had always been a tomboy but I’m all for simplicity. I’m just a simple woman, tidak suka yang ribet, bermain sesuai aturan (Al-Qur’an dan As-Sunnah), dan berusaha sebisa mungkin menghindari tabarruj. Awalnya saya on-off mengenakan rok karena hanya satu potong rok yang saya miliki. Suatu kali seorang teman, yang juga sesama anggota KAPA FTUI, ‘menegur’ saya di suatu acara yang kami selenggarakan:

” Kok tumben tidak pakai rok lagi?”

That friend was a he, for your information. I was quite embarrassed no matter what. Mungkin dia bermaksud mengingatkan karena dia mengerti yang seharusnya, karena dia merasa ‘lebih aman’ jika saya memaka rok, bisa jadi. I told my Mother so we could get some new clothing. One of good things after wearing your hijab is you can get a whole new replacement of your cupboard. Well, kidding. Before that, I was not into buying new clothes, surprisingly beberapa baju dan celana sejak SD masih muat saya pakai. We went to get some, nevertheless.

Nah, ternyata merombak diri secara fisik sesuai syari’at merupakan hal yang menyenangkan, I just found that out. To tell you the truth, memakai rok, terusan, atau pun gamis ternyata tidak ribet. It is just as comfortable as my old plain T-shirt. You never knew until you tried them on, really. There was some funny story when a friend of mine came telling me:

” Kok sekarang gaya lu kayak ukhty-ukhty gitu, Ma? Pakai rok…”

Saya bilang, ” Emang kenapa? ”

” Nggak apa-apa. Bagus aja. ”

I’m glad, truly. Saya bisa menjaga diri saya dengan baik dan teman saya tadi, seorang cowok Mesin, setidaknya terjaga pandangannya dari hal yang membawa keburukan. I don’t think that he thought that I looked ridiculous compared to back then when I was used to my tomboy-ish clothes. Bukankah itu yang membuat kita khawatir untuk merubah penampilan, bahkan sesuai syar’iat? Khawatir dengan opini orang, opini manusia.

To make it short, saya ingin berbagi beberapa hal yang baru saya pelajari. Saya perhatikan belum banyak yang membahas tentang ini tapi tambahan informasi dari berbagai sumber bakal sangat bagus untuk menambah pengetahuan. Saya akan membaginya menjadi seksi khimar (penutup kepala) dan jilbab (terusan penutup tubuh).

WEAR YOUR KHIMAR WELL

Aturan main pasti untuk mengenakan penutup kepala sebagai seorang muslimah adalah dijulurkan hingga menutupi dada. Jika dipakai melebihi batas tersebut, itu adalah pilihan, bisa jadi tergantung kadar nyaman dari si pemakai, aktvitas yang dilakukan. Jika tidak sampai batas itu, well I was NOT the one who created the rules. Saya pribadi mengenakan khimar minimal menutupi pinggang. Ada pula yang melewati pinggul bahkan ada yang hingga mencapai lutut. Hemat saya, perempuan tersebut tidak hanya menyesuaikan dengan kadar nyaman dan aktivitas mereka, namun ‘rasa aman’ mereka (baca: malu). Bisa jadi mereka merasa lebih aman jika khimar tersebut dijulurkan lebih panjang agar tidak menarik perhatian lelaki di sekitarnya.

Dua hal penting tentang penutup kepala yang akan dibahas adalah jenis penutup kepala, ukuran, dan bahan yang digunakan untuk membuatnya.

Terdapat beberapa jenis penutup kepala, seperti

  1. BERGO INSTAN

bergo-14-37-500x500

Penutup kepala paling simpel karena kita tinggal slup! tanpa peniti atau jarum pentul. Selesai. You’re ready to tackle the day. Biasanya ini cocok untuk
sehari-hari, kegiatan santai, luar ruangan, ke sekolah atau kampus. Aman pula untuk para calon ibu tanpa perlu takut anaknya tertusuk, tidak ribet jika tiba-tiba ada tamu berkunjung. Bergo instan juga bisa digunakan untuk acara formal jika dipadukan dengan outfit yang menunjang seperti dress atau gamis, menonjolkan kesan simpel dan tidak berlebihan.

Penutup kepala yang baik digunakan terbuat dari bahan yang tidak menerawang. Sisanya tergantung kita sebagai pemakai. Bergo instan umumnya terbuat dari:

  • Bahan kaos: adem dan ringan. Cenderung stretch sehingga fleksibel. Pilih yang tidak menerawang karena ada pula bahan kaos yang agak tipis. Ini cocok untuk kegiatan sehari-hari, di rumah, ke sekolah atau pun kampus.
  • Bahan jersey: bahan ini adem, ringan, dan stretch. Seperti bahan kaos, ini cocok untuk berbagai kegiatan. Bergo yang dipakai ibu-ibu kebanyakan terbuat dari bahan ini, bisa dicoba pegang bergo ibu di rumah jika penasaran. Bahan ini pun cocok untuk kegiatan formal karena teksturnya licin. Hati-hati, karena teksturnya yang ‘jatuh’ kadang bisa memperjelas bentuk badan.

Dua bahan di atas merupakan yang paling umum digunakan untuk membuat bergo instan. Bahan lain yang bisa dipilih seperti: koshibo, wolvis, crepe. Atau mungkin bisa dilihat dari tekstur bahan yang sebaiknya rapat dan kain yang tidak tipis.

2. SQUARE KHIMAR

kaira-navy-dongker

This any-occasion-fit hijab simply will suit everyone. Ia hanya selembar kain berbentuk persegi yang bisa kita kreasikan saat digunakan. Dipakai menggunakan peniti atau pun jarum pentul. Untuk beberapa orang, mereka menganggap memakai khimar jenis ini agak ribet karena keharusan melipat dan merekatkan dengan jarum. Kelebihannya penutup kepala ini cocok untuk berbagai kegiatan mulai dari sehari-hari, ke sekolah atau kampus, informal, hingga formal. Bisa pula disesuaikan dengan kreasi agar fit dengan kegiatan yang dilakukan. Masing-masing muslimah memiliki ciri pemakaian khimar yang khas.

Variasi ukuran jenis bisa sesuai selera kita dari 110 x 110 cm hingga ada yang 150 x 150 cm.

Nah, untuk jenis ini, saya akan merekomendasikan jenis-jenis bahan yang umumnya digunakan untuk membuat square khimar:

  • Bahan Wolvis: adem, ringan, tidak menerawang. Banyak square khimar terbuat dari bahan ini termasuk beberapa yang saya miliki. Cocok untuk hampir di setiap kegiatan, bahkan untuk mendaki gunung. Well, karena saya sudah pernah mencobanya.
  • Bahan diamond crepe: adem, memiliki tekstur seperti kulit jeruk, cenderung stretch. Ada yang lebih tebal dari wolvis sehingga tidak menerawang. Ia cocok untuk semua kegiatan tapi bakal lebih pas untuk yang lebih formal.
  • Bahan velvet: tidak menerawang, tekstur yang licin dan mengilap, agak adem dikenakan. Ini sangat pas untuk acara formal, ke walimahan, kondangan, dsb.

Bahan lain yang bisa saya rekomendasikan adalah katun ima, wollycrepe, twiscone, koshibo, cerutty crepe, dsb. Jangan kenakan khimar dari bahan paris karena sangat tipis dan PASTI terawang.

3. PASHMINA

25187095_8fcfa07a-52fc-40bd-8749-f684e6c98857

Well, saya bukan pemakai pashmina. Tapi beberapa teman saya pakai. Kebanyakan bahan pembuat square khimar bisa untuk membuat pashmina. Mereka hanya berbeda ukuran dan bentuk serta cara mengkreasikan saat dipakai.

Pashmina memiliki range ukuran dari 150 x 75 cm hingga 200 x 75 cm.

Oh ya, saran saya untuk square khimar dan pashmina baiknya pilih yang kainnya di-neci daripada jahit tepi, lebih wearable dan durable.

THE SIZE

Sebelum membeli khimar baiknya kita menentukan ukuran khimar tersebut disesuaikan dengan tinggi badan kita tidak perlu dengan berat badan kok. Lebih baik lagi sebelum membeli kita mencobanya lebih dahulu apakah khimar tersebut dapat menutupi minimal hingga melewati dada. Biasanya tiap brand memiliki size chart masing-masing, kita dapat bertanya pada penjual sebelum menentukan pembelian.

Saya akan mengambil contoh: tinggi saya +/- 155 cm, khimar square yang biasanya saya gunakan memiliki range ukuran 120 cm hingga 130 cm. Mereka semua bisa dijulurkan hingga mencapai pinggul bahkan lebih, dan masih tidak menerawang. Di bawah ini saya akan memberikan rekomendasi size chart untuk square khimar yang minimal dapat menutupi batas dada namun masih bisa dijulurkan lebih panjang lagi:

  • Tinggi badan < 155 cm        ;     ukuran khimar 110-115 cm
  • Tinggi badan 155 – 165 cm ;     ukuran khimar 120 -130 cm
  • Tinggi badan > 165 cm        ;     ukuran minimal 130 -150 cm

Untuk penutup kepala jenis bergo, mereka memiliki size chart tersendiri untuk tiap brand pula. Jika membeli di toko biasa kita bisa mengukur dengan mencobanya langsung. Disini saya mengambil contoh size chart dari jilbabAfra. Untuk brand ini saya mengenakan Beria minimal berukuran M, tapi biasanya saya lebih nyaman dengan ukuran XL.

new-catalogue-a-500x500
Size chart dari brand jilbabAfra

CHOOSE WELL FOR WHAT YOU WEAR

Beberapa bulan setelah saya mengenakan hijab, saya masih nyaman mengenakan celana denim. Sepemahaman saya tidak ada dalil spesifik bahwa perempuan muslimah harus mengenakan rok atau terusan atau gamis, not really. Tetapi perintah yang termaktub jelas, hanya wajah dan telapak tangan yang boleh terlihat. Bahkan lekuk tubuh pun tidak boleh tampak. Untuk perempuan sendiri batas maksimal kain yang dijulurkan adalah sehasta melewati mata kaki. Celana denim masih ada yang cenderung membentuk tubuh, jadi saya lebih memilih mengenakan rok. Di seksi ini saya tidak bakal membahas secara spesifik mengenai rok. Yang terpenting baiknya untuk pakaian jenis rok sebaiknya pilih

  • Rok dengan cutting jenis A-line karena ia cenderung tidak membentuk tubuh serta tidak ketat; kecuali kita memilih ukuran kekecilan.
  • Ada pula rok jenis cutting payung (umbrella) yang memiliki diameter bawah sangat lebar sehingga tidak hanya mudah untuk melangkah tapi juga tidak membentuk tubuh.
rok-attaqi-a-line-coklat-tanah-812
Rok A-line. (pernikmuslim.com)
587058_4227d55c-7a86-4fcf-a014-22720565f83f
Rok umbrella (tokopedia.com)

Ada pula bawahan jenis celana rok yang cocok untuk segala macam kegiatan hingga luar ruangan seperti mendaki gunung. Saya pernah menjajal celana rok saat kegiatan Pra-Operasional di Gunung Kencana dobel celana gunung di bawahnya. Sangat nyaman, Alhamdulillah. BIG NO untuk rok cutting model span.

Nah, berikutnya kita akan membahas gamis dan dress. Baru-baru ini sedang naik daun pemakaian pakaian jenis dress, terutama penjualan online dengan berbagai model, ukuran, dan motif yang menarik bagi para perempuan penyuka belanja. Namun sebelum membeli secara online ada hal penting yang harus dicek dan ditanyakan pada penjual: size chart, bahan yang digunakan, serta warna dan motif yang pas untuk kita. Saya hanya akan membahas dua topik pertama.

6-gamis-neo-perdana-ocean-green
Gamis HijabAlila

Saya akan memberikan rekomendasi mengenai bahan pembuat gamis atau dress yang mungkin bisa membantu teman-teman untuk menentukan pilihan sebelum membeli. Terutama secara online karena kita tidak bisa pegang langsung ya. I strongly recommend to buy the clothes on the offline stores, though.

  • Bahan Wolvis: ringan, lumayan adem dan tidak menerawang. Ia juga tidak mudah kusut dan cukup mudah disetrika.
  • Bahan Katun Jepang: adem, mudah menyerap keringat, dan tidak menerawang. Biasanya ia juga memiliki motif-motif lucu yang menarik mata perempuan. Mudah disetrika pula.
  • Bahan denim: adem, mudah menyerap keringat, dan tidak menerawang. Ia agak berat dan tebal meski lebih tipis dari celana denim yang biasa dipakai. Cukup mudah disterika.
  • Bahan jetblack: lumayan adem dan tidak menerawang. Agak lebih tebal dibandingkan wolvis serta memiliki tekstur kain yang mirip. Namun ia lebih licin serta lebih ‘jatuh’ di badan sehingga memberi kesan swing swing.

Bahan lain yang juga saya rekomendasikan: balotelli, katun, katun ima, crepe, velvet. Untuk bahan jenis cerutty sebaiknya yang memiliki furing agar tidak menerawang. Selalu pakai celana di balik rok atau dress kita ya agar mudah melangkah dan nyaman dalam beraktivitas.

THE SIZE

Untuk ukuran gamis dan dress seperti biasa tiap brand memiliki size chart masing-masing yang seharusnya kita pastikan terlebih dahulu sebelum menjatuhkan pilihan. Lebih aman membeli yang kepanjangan, bahan berlebih dapat dipotong untuk disesuaikan daripada kependekan. Yang harus dipastikan pula, pada bagian dada dan pinggul ia tidak terlalu ketat serta tidak terlalu ‘jatuh’ mencetak bentuk tubuh. Jika ragu dengan model, saran saya untuk membeli dengan cutting di bawah dada dengan rok A-line sehingga tidak membentuk lekuk namun masih fit to body. Namun jika tertarik dengan model-model lain, pilihan paling aman adalah cutting rok jenis umbrella yang tidak membentuk tubuh. Insyaa Allah.

Variabel yang harus diperhatikan pula: lingkar dada (LD) dan Tinggi badan. Sebagai contoh: saya dengan tinggi badan+/- 155 cm untuk gamis standar toko biasanya membeli ukuran S. Dan untuk size chart beberapa merek dagang pun fit dengan ukuran S. Bisa pilih ukuran M tapi saya tidak nyaman karena ribet dengan bagian bawah yang terseret dan kesan badan ‘kelelep’.

13402315_639447979554440_1648725816_n
Size chart brand Amima (source: amima.id)

Setelah mempelajari mengenai khimar dan jilbab pasti udah pada nggak sabar untuk browsing sana-sini. Tapi dimana sih yang menjual pakaian syar’i tapi sesuai selera kita? Sekalian, saya akan memberikan rekomendasi merek (brand) penutup kepala jika teman-teman ingin mencari tahu lebih jauh:

  • JilbabAfra: bisa di cek situsnya di www.store.jilbabafra.com. Pemilik merek dagang ini merupakan kakak dari senior saya di kampus, saya pernah membeli produknya yang berjudul Beria (Bergo jilbabAfra) yang berbahan kaos. Sejauh ini saya puas dengan produk yang dijual dengan harga yang cukup terjangkau untuk kelas mahasiswa. For your information, merek ini tidak hanya menjual bergo tapi juga pashmina, bergo syria, square khimar, pashmina instan, dsb.
  • Elmina-id: bisa di cek di situsnya www.elmina-id.com. Merek ini menjual bergo instan, square khimar, khimar semi-instan syria, pashmina instan, dsb. Saya pernah membeli produk square khimar motif, menurut saya produk yang dijual terbuat dari bahan yang bagus dan tidak menerawang.
  • Rabbani: mereksejuta umat. Saya sudah familiar dengan emboss bergo Rabbani. Teman-teman muslimah di lingkungan FTUI pemakai setia Rabbani. Saya sudah pernah pegang (I need to touch them to make sure, pardon) dan bahan yang digunakan tidak menerawang, juga tidak terlalu tipis. It’s decent. Offline-store merek ini tersebar di kota-kota besar di Indonesia.
  • Issyaristore: ini merupakan usaha teman saya. Sejauh ini yang dijual adalah square khimar berbahan wolvis. Bisa saya bilang harganya lebih terjangkau untuk kalangan pelajar dan mahasiswa, serta sudah pasti tidak menerawang. Bisa custom ukuran khimar yang diinginkan.
  • Hana Aisha Khimar: ini merupakan usaha senior juga. Produk yang dijual didesain dengan lukis tangan, edit digital, dan di-print di atas kain (print textile). Bisa dicek ig: @hanaaishakhimar.

Merek lain yang juga saya rekomendasikan seperti: hijabAlila (www.hijabalila.com), melangit (ig: @melangit), itshijab (ig: @itshijab_official).

Sementara untuk pakaian gamis atau dress beberapa merek dagang yang dapat menjadi pilihan:

  • Sunrise Label: bisa dicek ig: @sunriselabel.
  • HijabAlila: ig: @hijabAlila atau @katalogHijabAlila. Brand ini juga menjual gamis set, gamis dan khimar anak Alila Kids, serta Gamis set ibu dan anak.
  • Amima: ig: @amima.id. Brand ini hampir semuanya menjual dress dengan motif.
  • Zizara: ig: @zizara_

Mereka lain yang bisa pula dijadikan pilihan: melangit (ig: @melangit), Hijab Sally (sallyheart.com).

Saya pribadi lebih suka belanja di toko beneran karena saya bisa pegang dan coba langsung. Untuk teman-teman yang bingung mencari tempat belanja khimar dan gamis dan berdomisili di sekitaran Depok, berikut ini toko yang bisa menjadi pilihan

  • Toko Raihana: Jalan Margonda Raya No.398B, Pd. Cina, Beji, Kota Depok, Jawa Barat. Letak di sebrang kampus Gunadarma Depok, jalan ke kanan sedikit, tokonya kecil sehingga harus jeli saat mencari. Harganya terjangkau untuk kalangan mahasiswa. Produk dengan merek Raihana mendapat diskon 20% sementara produk lain diberikan diskon 10%.
  • Pondok Sunnah (www.pondoksunnah.com): Perumahan Pondok Darussalam Blok C No. 5. Jalan Juragan Sinda 1, Kukusan, Beji , Depok. Harganya cukup terjangkau untuk mahasiswa. Toko ini menjual gamis set (gamis+kerudung panjang+cadar tali) tapi bisa coba request untuk beli gamis saja dengan pemilik toko.
  • Atqiya Hijab:  Jalan Warung Silah, Gg.H.Nuuh RT 002 RW 004 No.35, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12630. Toko ini juga melayani transaksi secara online. Beberapa teman sudah pernah belanja disini, terdapat banyak pilihan barang dagang, ukuran dan model yang insyaa Allah syar’i. Harganya pun sangat terjangkau untuk kalangan mahasiswa, bisa pula membeli secara grosir.

Catatan tambahan: rekomendasi, tips, dan guides yang diberikan di atas berdasarkan pengalaman sendiri, pengalaman teman, tanya-tanya ke Ibu (ibu saya bisa menjahit), dan browsing sana-sini. Semoga dapat membantu teman-teman untuk menentukan pilihan, terutama bagi yang doyan belanja online.

What are you waiting for? Happy shopping!

Wallahu ‘alam bishshawaab.

Wassalamu’alaykum


Leave a Reply

